Radio Muslim

Rabu, 16 Juni 2010

WANITA PERTAMA KALI SYAHID DALAM ISLAM ....~..~....

WANITA PERTAMA KALI SYAHID DALAM ISLAM ....~..~....
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM

ALKISAH

Pada jaman dulu bangsa Arab yang hidup di jaman jahiliah merupakan bangsa yang sangat kotor . Kepercayaannya kepada ALLAH Subhanallahu Wa Ta'ala telah dirusak dengan pemujaan berhala dan benda - benda Alam lainya. Ekonomi masyarakatnya telah dikotori dengan penindasan yang di praktikkan pihak yang kuat terhadap pihak yang lemah, kesewenang - wenangan orang - orang kaya terhadap orang - orang miskin ,serta keserakahan orang - orang yang hidup melarat.

Kebudayaan mereka telah dikontaminasi sedemikian rupa oleh kerendahan akhlak, penghinaan terhadap wanita , perbudakan sesama manusia,serta pemujaan terhadap hawa nafsu . Agama mereka adalah Agama yang kaya dengan upacara ( ritus ) tetapi miskin pengamalan.

Di saat - saat seperti itulah Allah Subhanallahu Wa Ta'ala mengutus seorang Rasul yang beranama Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah orang suci yang bergelar Al - Amin. Beliau lahir dari keluarga yang shalih dan terpercaya , serta perngurus , pemelihara , dan penjaga Baitullah ( Ka ' bah )

Kepada masyarakat yang kotor , ditiupkannya angin kesucian. Beliau senantiasa menyeru bangsanya untuk senantiasa mengagungkan nama Allah Subhanallahu Wa Ta'ala. Beliau juga selalu mengingatkan manusia bahwa diri mereka telah sedemikian tercemar akibat terlalu mengutamakan dunia, padahal akhirat lebih baik dan lebih kekal lagi.

FIRMAN ALLAH SUBHANALLAHU WA TA'ALA :

Sungguh berbahagia orang yang mensucikan
dirinya lalu mengingat Allah dan memuja - Nya.
Tetapi , kalian lebih mengutamakan kehidupan dunia
padahal akhirat lebih baik dan lebih kekal. ( Qs - Al - Ala : 14 - 17 )

Sedikit demi sedikit , berubahlah karakter bangsa Arab yang jahiliah tersebut. Mereka lebih memilih kesucian walaupun harus begelimang darah atau kehilangan nyawa. Lihatlah Sumayyah misalnya.Bersama suaminya ,Yassir , dan anaknya ,Ammar, Sumayyah masuk islam . Ia membersihkan akidahnya dari karat - karat kemusyrikan. Karenanya, ia lantas dianiaya , dipukuli , dan dijemur ditengah sengatan terik matahari padang pasir oleh kaum musyrikin Mekah.

Padahal Sumayyah adalah kanat ' adjudzan kabiratan dha ' afatan.

Ya , Ia adalah wanita tua yang sangat renta dan lemah.

Sumyyah bertahan . Abu Jahal datang dengan tombak di tangan . Ia memaksa Sumyyah mengucapkan kata - kata kufur . Waktu itu Rasulullah Saw mengutus seorang sahabat untuk menyampaikan berita kepada Sumyyah dan mengizinkannya untuk mengucapkan kalimat kufur asal hatinya tetap beriman.

Apa jawab Sumayyah ?

'' Balaghani Rasulullahissalam , inna Sumayyatallati thaharallahu qalbaha la tasthati ' u antalwusa lisanaha bikalimatil kufri.''

''Sampaikanlah salamku kepada Rasulullah Saw. Sesungguhnya Sumayyah yang telah Allah Subhanallahu Wa Ta'ala sucikan hatinya dengan keimanan, tak akan sanggup mengotori lidahnya dengan kata - kata kufur.''

Mendengar itu , Abu jahal gusar . Ia menusukkan tombaknya kerahim Sumayyah.

'' Ma tat ' alal fauri wakanat awwalu syahidatan fil islam.''

'' Ia mati karena kehabisan darah . Dan jadilah Sumayyah orang yang pertama kali syahid dalam Islam.''

SUBHANALLAH ?
Sumayyah memilih ditusuk tombak ketimbang mencemari lidahnya dengan kalimat kufur. Periksalah lidah kita ; tidakkah kita dengan mudah mengobral makian , menyebarkan fitnah , dan menggunjing kejelekan orang lain , padahal padahal kejelekan kita sendiri bertumpuk - tumpuk .

Sungguh kita telah berlaku sebagaimana yang dikatakan sebuah pepatah ; kuman diseberang lautan nampak jelas , gajah di pelupuk mata tak kelihatan. Periksalah hati kita; tidakkah kita terus dan masih memelihara didalamnya penyakit dengki , iri hati, takabur , munafik , buruk sangka , serta penyakit - penyakit hati lainnya.. ASTAGFIRULLAH...?

Semoga catatan ini bisa dijadikan contoh - contoh minimal
Dapat dijadikan rujukan dan panutan dalam menempuh
Arung kehidupan ini . amin .


JAZAKUMULLAH KHAIRAN

WASALAM


Tidak ada komentar: